Friday, June 10, 2011

Membedakan OPI Asli dan PALSU !!

Sering sekali kita menemukan toko online bahkan penjual kutek di facebook berdasarkan teori-nya (entah dia ambil di blog nyolong punya orang atau beli yang palsu) membanding-2kan perbedaan OPI asli dan palsu. sering kali aku sering geram kalo ngelihat kejadian seperti ini. selalu orang bertanya apa sih bedanya? "kalo ga ada titiknya di tengah tulisan P pada OPI itu palsu sis". atau orang akan bilang "di dalam bagian kuas ada emboss OPI sis", atau ada juga yang bilang "bagian bawah OPI itu warnanya hijau,dsb dsb"

Buat KALIAN PLAGIAT yang cuman bisanya nyalin dari blog lain dari versi Inggris ke Indonesia.. ga usah terlalu sok tau kalo ga bener-2 tahu dan jangan ngasal kasih info ke publik kalo cuman setengah-setengah.
aku merangkum dan membuat sendiri, tanpa membandingkan dengan yang PALSU. karena menurutku untuk mengetahui barang asli atau palsu kita harus mempelajari dan mengetahui yang asli.

OPI mengalami penggantian barcode, lambang, bagian belakang,kuas dan selalu di sempurnakan dari tahun ke tahun.


  1. Lambang barcode dan tulisan hitam dan OPI dengan nama collection OPI Summer for Shore Collection ini dapat di temukan pada tahun 2003 dengan warna yang rata-2 holo.
  2. Lambang barcode dan tulisan hijau dengan tulisan yang masih agak kaku dan benar-2 kapital pada koleksi OPI Don't Do Dishes Collection pada tahun 2006
  3. Lambang barcode dan tulisan hijau dengan tulisan yang sudah agak di perbaharui dan lebih kecil pada koleksi OPI Princess Charming Collection (softshades) 2007
  4. Lambang barcode dan tulisan hijau dengan tulisan yang tertera hingga yang kita gunakan saat ini di samping kode nomer 5.
  5. Lambang barcode dan tulisan hijau dengan 2 kode yang berbeda yang 1 menunjukan kode di bawah botol (biasanya berwarna hitam tapi bisa hilang bila terkena aceton) dan 1 kode panjang bagian bawah menunjukan kode pada samping botol. (harus match)

untuk Kuas OPI dan tanda di bagian atas dan tanda di bagian belakang pada OPI tersebut adalah sebagai berikut :

1

2
3
4

5
6

Pada gambar nomer 1 kita dapat melihat Kuas pada koleksi tahun 2003 dengan koleksi tahun 2006 itu berbeda.. koleksi tahun 2003 kuas OPI masih bulat,dan pada tahun 2006 kuas OPI sudah di perbaharui dengan model pipih dan ada emboss OPI di dalamnya ( perhatikan juga gambar nomer 2 dan 6)
Pada gambar nomer 3 di bagian atas kita dapat melihat perbedaan pada koleksi tahun 2003,2006,dan sekarang. hingga 2006 OPI masih belum merubah tulisan OPI di atasnya (tidak ada lubang di tengah tulisan P) dimana pada koleksi sekarang (OPI Glitzerland pada contoh) sudah memiliki lubang tengah. tetapi perlu di perhatikan bahwa pada pembuatan tahun 2003 dan 2006 (tanpa bulatan di tengah) emboss kulit botol OPI lebih kasar texturenya di bandingkan pada tahun-2 sekarang (lihat contoh pada gambar nomer )

perhatikan pula di bagian belakang tulisan label OPI pada gambar nomer 5 OPI berkali2 mengganti design bagian belakang botol. tampak dari kiri tahun 2006 terdapat 4 label dengan tulisan masih kecil dan tebal di bandingkan pada koleksi tahun 2010 keatas, pada tahun 2003 hanya ada 3 gambar (bagian paling pinggir kanan dari koleksi tahun 2006 hilang) pada gambar paling kanan hanya ada 3 gambar dengan gambar lebih besar di bandingkan yang terdahulu.
OPI sekarang mengalami banyak macam, aku menemukan OPI dengan nama yang sama dengan 4 gambar ataupun 3 gambar, dan itu tidak berarti palsu.. seperti yang di kutip pada Facebook OPI pada tanggal 9 Juni 2011 seperti ini
"OPI receives questions constantly about how to tell whether a bottle is fake. Unfortunately, the only true way to tell is by testing the contents of the bottle. If you purchase your OPI from an authorized seller then you can be worry-free that you are getting the real thing. The number of symbols on bottles may vary due to regulation changes and does not mean that a bottle is fake if there are only 3 labels"

Artinya 3/4 di bagian belakang tidak menunjukan itu palsu atau asli. sekarang di tambah dengan 1 barcode tambahan seperti pada gambar paling atas pada contoh kasus membuat OPI di tahun tahun belakangan ini menjadi lebih kreatif mencari jati diri pada label.

ada beberapa model contoh lagi pada barcode yang saya ingin sampaikan. beberapa supplier di USA menjual OPInya dalam bentuk seperti ini :
1

2


Pada gambar 1, bagian atas adalah contoh OPI yang biasa di jual dan setengah di "peel" pada bagian bawah. Akan di temukan Kode seperti contoh di bawah (Tickle my France-y atau Bubble bath). Biasanya Supplier ini menjual barang seperti ini dengan harga yang lebih murah daripada pasaran. sempat beredar kabar bahwa supplier yang mengeluarkan barang seperti ini sempat berargumen dengan pihak OPI karena menjual OPI di bawah harga pasaran yang seharusnya dan sempat bersengketa hingga kepengadilan (entah akhirnya seperti apa) bukan berarti OPI-mu palsu bila ada tanda seperti ini, tetapi memang OPI seperti ini di beli dengan harga yang lebih murah dibandingkan biasanya.
Pada gambar 2, OPI di peeling dan memiliki goresan pada tutup botol (karena seperti aku jelaskan di atas bahwa beberapa waktu lalu OPI sempat mengeluarkan 2 barcode yang di taruh pada botol dan tutup botol) karena label tersebut berfungsi sebagai pelacak (istilah katanya kerennya "made in" mana/buat siapa) akhirnya supplier tersebut merusaknya juga. itupun tidak berarti palsu, tetapi kadang riskan rasanya apabila reseller atau pembeli baru membeli barang2 seperti ini karena kadang mereka akan mempertanyakan dan mencurigai kenapa seperti ini.


Banyak sekali pembeli di luaran yang tidak jeli mengenai hal ini, dan banyak sekali orang yang sering salah kaprah karena kebanyakan ngikutin blog yang cuman bisanya "PLAGIAT" mencontoh,mencari tanpa mengetahui sebenarnya seperti apa produk yang di jualnya yang akhirnya berakibat fatal buat orang lain yang membeli jadi salah juga (bahkan kadang lebih ngeyel lagi). Aku berharap dengan tulisan ini bisa membantu buat orang lain agar kalo "PLAGIAT" ga cuman ngasal plagiat tetapi pastikan dulu.


sumber-sumberku aku dapatkan dari terjun langsung kelapangan, dari SPG OPI yang di dept store dan pengamatanku pribadi sebagai orang yang sangat menyukai OPI (apalagi rare collection).


Sebagai tambahan untuk koleksi Designer series dan Suede dan Matte-pun berbeda barcodenya di bandingkan koleksi regular... seperti ini contohnya :


Designer Series

Suede-Matte
Designer Series yang memiliki tulisan seperti contoh di gambar yang atas ( Elegance/Exclusive) selalu di jual di dalam box (seperti Nail Treatment tetapi bertuliskan Designer series dan berwarna putih kotaknya) dan di bagian bawah gambar (Designer series Magic yang sudah di peeling dan Designer Series Corronation) biasanya di jual sama seperti OPI biasa tanpa box dan semua tutup Designer Series berwarna SILVER! (ini harus dan mutlak kecuali warnanya sudah pudar yah)


Suede dan Matte berwarna berbeda (suede coklat dan matte biru navy) dan koleksi ini sudah sulit di temukan dan sudah termasuk rare item. tetapi masih bisa di beli dengan harga yang cukup mahal.




Bila ada yang ingin kalian tanyakan ataupun pendapat untuk menambahi tulisanku (karena mungkin saja banyak yang lebih tau tentang OPI generasi ke generasi ini) aku persilahkan, dan bila ada yang merasa kurang puas karena kurang jelas, dapat langsung di tanyakan di sini :)
Thank you!

28 comments:

  1. dear Olga,
    mengenai komentar km di salah satu post yg saya co-pas dari tempat lain mengenai perbedaan OPI palsu dan OPI asli ini, mohon maaf karna saya tidak mengecek dulu kebenaran berita yg saya co-pas. Saya harap Olga tdk menyerang secara personal bahwa saya terlalu sok tau, karna pada saat saya mengepost news tersebut saya sedang mengejar poin dan tidak betul-betul memperhatikan isi news yg saya co-pas. Saya lihat Olga memiliki pengetahuan yg lebih mengenai hal ini, jadi instead of memarahi saya yg mengco-pas news sesat tsb, saran saja, ada baiknya Olga menyebar artikel ini ke mana2. Karna artikel ini pun bagus dan membuka wawasan saya. Maaf kalau saya bukan segitu penggemar OPI sampai punya pengetahuan seluas Olga, tapi saya berharap bisa belajar lebih mengenai OPI dari Olga. Terimakasih, salam kenal. :)

    ReplyDelete
  2. Dear anonymous,

    Terima kasih buat balesannya, aku juga minta maaf kalo agak sedikit berapi-2 waktu menulis, karena aku melihat banyak sekali orang yang terjebak dalam tulisan-2 yang belum tentu 100% betul. pembaca Internet di blog/website/FB di Indonesia kurang benar-2 fasih membedakan karya orang lain atau bukan, di samping tidak adanya perlindungan hak cipta internet, dan tidak adanya kesadaran orang-2 yang meco-pas menyandur dari mana asal blog dan mencantumkan jelas blog-2 yang di sandur. apalagi karya yang di curi itu foto dari website lain yang ada di luar negeri dan di tandai sendiri bahwa itu milik dia. itu kan namanya pencuri.. please liat di sini kalo ga percaya http://proudchapina.onsugar.com/How-tell-OPI-polish-fake-8617192
    di situ ada foto OPI funky dunkey yang di ambil :)

    aku awalnya gak perduli cuman kok tambah lama banyak yang "tersesat" bahkan mulai semua orang menyandur dan mengganti sendiri2 versi mereka tapi kenyataannya mereka gak bener-2 mencari tau sendiri. menjadi seorang penulis yang baik adalah tau bagaimana caranya mempertanggung jawabkan tulisannya. dan salam kenal juga buat kamu semoga di maafkan kalo kemarin kesannya agak ketus. I hope we can share another information next time.

    tabik :)

    ReplyDelete
  3. artikel yang sangat berguna Olga.. saya memang sempat membaca mengenai isu "harga distributor resmi opi" dimana opi menyerang distributor yg menjual dibawah harga resmi distributor, dan solusinya adalah dengan merusak barcode, agar bisa tetap menjual OPI dengan harga terjangkau.
    Dan itu bukan berarti OPI tersebut palsu...

    Sayangnya ada satu website jualan kutek impor yg cukup besar di sby (anda pasti tahu siapa itu) yang memberikan info agak menyesatkan..

    ReplyDelete
  4. Anonymous=
    Siapa ya yang menjual kuteks impr di sby yang menyesatkan?
    Selain kuteks dia jualan peralatan nail art juga ga?
    Soalnya saya pernah beli peralatan nail art di website tsb. Kebetulan berencana beli OPI disana.


    OLGA=
    Info ini membantu sekali. Thx ya
    aku cuma dikasih info kalo OPI asli memiliki 4 label *api, wadah,dsb-LUPA nama gambar-*
    Mungkin kalo bandingin OPI fake / ORI dari bau kuteksnya kali ya.
    Kalo nyenet seruangan mpe nusuk hidung, artinya palsu. *untung selama ini aku tidak menemukan kuteks ang kayak gitu *

    ReplyDelete
  5. @BB
    iya dia jual nailart, ada kasih tutorial membedakan opi asli/palsu, tp kok aku rasa info nya sedikit menyesatkan, beda dgn sist olga yg terang dan jelas dalam memberikan tutorial, aku merasa toko tersebut memberikan tutorial yang menguntungkan dirinya saja.
    misal dari segi label bawah, toko tersebut menujukan label bawah yang palsu, tp sist olga jelas2 menujukan label bawah tersebut adalah asli.
    anda bisa beli disana, opi disana sepertinya asli kok, cuma aku ga respect aja kok kyknya sok tau, sok profesional, tapi salah gitu sis, awalnya aku percaya bgt, sejak baca blog sist olga, aku jadi ga respect sama itu toko >.<

    ReplyDelete
  6. terima kasih atas postingan nya, sangat membantu sekali :)

    ohiya, tahu onlineshop yang menjual OPI nail polish original dengan harga yang terjangkau? aku lagi nyari banget yang suede-matte series nihh, googling ga ada yang ketemu >.<

    thanks yah :)

    ReplyDelete
  7. jadi intinya gak ada yg palsu gt yaah???
    ak jadi bingung ngebeda in nyaa...

    ReplyDelete
  8. hi sista..
    ikut komen ya masalah membedakan kutek opi asli dan palsu..:)
    penjelasan dari sis olga ini sangat informatif dan komplit dan memang akurat..cukup salut soalnya memang benar-benar komplit dirunut dari botol opi yang cukup lama hingga botol yang terbaru..:)
    saya sendiri juga jual nail polish opi secara online..dan terkadang cape jg kalau ada customer yg ga mau dikasi pnjlsan kenapa labelnya beda seperti yang ada di atas tadi:)
    botol opi sendiri memang selalu berganti-ganti.. tapi patokan asli atau tidaknya bisa dicrosscheck sesuai dengan penjelasan sis olga..
    sekalipun bermacam-macam variasi botolnya..bukan berarti tidak ada kutek opi palsu..
    kutek opi palsu memang ada, dan biasanya seller yang menjual ini tidak bisa menyebutkan warna, kode dan nama opi yg dimaksud secara tepat..
    seringkali mereka menandai kuteknya dengan kode-kode mereka sendiri agar terlihat professional namun kode tersebut jika di google tidak menunjukan OPI diresultnya..
    kebanyakan opi palsu diambil dari cina dengan sistem borongan..orang beli 1 packet sudah ada warna macam-macam yang hampir-hampir mirip warna opi..dan yang pasti seller jualnya 50rb-60rb untuk ukuran reguler.. saya ketika mencari supplier dr luar sering sekali menemukan website opi dari china yang juga menjual make up mac borongan..
    opi asli tidak mungkin dijual dengan harga 50rb karena biaya shippingnya sendiri cukup besar..
    lalu mengenai online shop di surabaya yang mungkin memberikan info yang kurang akurat, mungkin si owner tidak bermaksud memberikan pengetahuan yang salah jika dipikir secara positif, ada kemungkinan owner belum menggunakan opi sejak bbrpa tahun yang lalu sehingga tidak tahu cara membedakan botol opi lama yang asli..
    saya sendiri berdomisili di surabaya dan cukup sering mengunjungi ke toko online shop tersebut untuk sekedar melihat lihat.. dari pengamatan yang saya punya barang dari olshop tersebut opi asli karena sempat saya lihat opi dia memiliki stiker distributor yang sama dengan stiker distributor opi di sogo..
    distributor tersebut distributor resmi opi di indonesia, sesuai dengan keterangan rujukan distributor yang ada di website opi..
    semoga komen saya bisa memberikan informasi tambahan bagi sista semua..
    terima kasih juga buat sis olga yang sudah bkin review tentang opi asli :)

    ReplyDelete
  9. sis ijin pasang link ke blog km ya?:)

    ReplyDelete
  10. Katanya yang paling nggak rawan dipalusin itu yang seri Mini, ya? Jadi kalo mau beli OPI yang dijamin asli beli yang seri Mini aja? Bener nggak sih?

    ReplyDelete
  11. Lita : Okay..


    nggakbisagitudong : so far memang aku belum pernah tau ada OPI mini yang palsu.. mungkin karena kecil2 gitu kali yah.. tapi, kalo udah terbiasa sama OPI asli, ga susah kok buat tau itu asli apa palsu :) soalnya OPI yang palsu itu kualitasnya ga ada yang bagus.. *apa yang di harapkan sih dari bikin kutek yang di jual harganya cuman 0.sumething dollar... secara botolnya aja sama embossnya udah brp :)

    ReplyDelete
  12. sis mau minta saran donk.. ak mau beli opi online tapi langsung 6pc gitu hrgnya semua 160rb.. trus warnanya ga bisa pilih krn udh dipaketin.. kemasan nya kyk kardus gitu ada lambang opi nya.. kira2 palsu ga ya? soalnya bingung juga 6 botol 160rb jatohnya murah bgt.. makasi ya sis..

    ReplyDelete
  13. Dear Anonymous,

    menurut aku kutek dengan seharga 26rb eachnya itu ga masuk akal yah :) apalagi OPI. mengenai kardusnya ada lambang OPI, kardus bisa di buat say.. botol aja bisa di buat sedemikian mirip.. apalagi kardus (kamu tinggal ke percetakan)

    aku ga mau judge itu asli atau palsu karena ga melihat barangnya, tapi yang aku bisa kasih informasi itu gak masuk akal. coba kamu tanya aja lebih jelas barang dan kondisinya. kalo bisa COD itu malah lebih baik :) semoga membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Olga,
      kalo kutek OPI harganya 20rb, apakah itu asli?
      Tks kalo udh jawab..

      Delete
  14. sista, ini informasinya berguna banget, sempet baca artikel yang sempet di singgung, setelah baca ini jadi nambah wawasan.

    ReplyDelete
  15. Sis, ijin posting di Fb aku yaaa...
    Informasinya berguna banget.. ^^ Apalagi buat yang baru aja menggulati OPI.. ^^

    Thx u so much..
    Gbu

    ReplyDelete
  16. sis olga jadinya harga opi yg asli itu sbnrnya berapa..?si mall2 seperti SOGO dan SEIBU dijual 180 rb per pc...sedangkan di internet yg skrg lagi ramai klaim harga 125rb /120 rb...sebnrnya itu asli tidak ya..pengen beli tp takut jg palsu :)

    ReplyDelete
  17. hai, ikt numbrung yah. Jadi bgm bisa tahu kutek opi yg palsu yah? soalnya sis Olga cuman posting mengenai kutek opi yg asli. =) Thx be4

    ReplyDelete
  18. Apa silver shatternya OPI di artikel ini benar? label kulit yang asli itu harusnya gmn sih sist olga?
    http://polishsis.blogspot.com/2011/06/opis-from-ebay-spot-fake-opi-silver.html

    ReplyDelete
  19. Sis aku kemarin beli opi nail envy trus ada titik di tulisan opinya itu palsu atau tdk ? Aku belinya di tmpat menicure ternama si..thanks :)

    ReplyDelete
  20. Ada yang tau ga beli merk sally hansen disurabaya dimana ? Dan sebaiknya beli opi di counternya langsung aja ya tkt ketipu tq

    ReplyDelete
  21. jadi beli opi asli yg bagus dan murah di surabaya dimana ya?

    ReplyDelete
  22. Dear Olga, kalo boleh tau, kira2 beli kuteks opi mini yang ori di jakarta tapi lewat OL shop di mana ya? ada yang tau? Thanks sista2 ^^

    ReplyDelete
  23. Dear Olga, kalo beli kutex yang asli di jakarta

    ReplyDelete
  24. Ijin share di blog saya yah sist Olga.
    thank you :)

    ReplyDelete
  25. Hi sis olga, sy terbantu bgt dgn review nya deh...
    Btw bisa minta rekomendasi kalau beli online kutek2 original atau di olshop yg jadi langganan sis olga dimana ya? Mohon reply ya... Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  26. Selamat sore teman-teman..kalian bisa mendapatkan opi naillacquer yg original di jakarta tempat saya bekerja.bisa hub sayaa bila ingin membeli opi naillacquer yg original dan asli..kontak saya dengan iwan:081282408226..terimakasih

    ReplyDelete
  27. Sist klo mau beli OPI yang ori ada rekomen toko di surabaya atau online shop gak

    ReplyDelete